Klik DapatWang $ Nuffnang kat sini sebagai sokongan kepada saya.Terimakasih...

Sunday, December 13, 2009

Kegunaan Cuka Makan

Hari ni sempena hari cuti, nak share khasiat cuka selain kita guna untuk masakan, cuka juga punya manfaat lain. Cuka atau asam asetat ini dapat mengatasi berbagai masalah kebersihan rumah. Mulai dari shower mampet, lantai kusam, hingga membersihkan kerak botol. Cara menggunakannya pun sangat mudah.

1. Shower Mampet
Air yang mengandung besi, tanah, atau pasir halus bisa menjadi biang keladinya. Untuk mengatasinya, siapkan 1 liter air panas, kemudian tuangkan satu cawan cuka makan dan aduk. Rendam kepala shower dalam larutan tadi selama 10 minit. Angkat, lalu bersihkan. Teratasi sudah masalah shower mampet.

2. Blender
Kotor
Penggunaan blender biasanya meninggalkan noda. Terkadang noda tersebut sulit dihilangkan. Jika itu terjadi, gunakan campuran air, sabun cuci piring, dan cuka. Tuang campuran itu ke dalam blender dan nyalakan blender selama 30 saat. Buang campuran air tadi dan bilas dengan air hangat.

3. Lantai Kusam
Lantai seramik yang berusia lebih dari lima tahun biasanya berubah menjadi kotor dan kusam. Untuk membersihkannya, tuangkan cuka ke permukaan lantai. Diamkan selama lima menit. Kemudian bersihkan dengan mop hingga bersih. Mop sekali lagi dengan air untuk menghilangkan bau cuka.

4. Karat pada Logam
Untuk menghilangkan karat, siapkan satu sendok makan cuka dicampur satu sendok teh garam. Gosokkan campuran tersebut ke bagian perkakas logam yang berkarat. Setelah karat hilang, bersihkan dengan air dan keringkan.

5. Pasu Pecah
Pasu pecah pun bukan lagi masalah. Buat campuran dari satu bungkus agar-agar, satu sendok cuka, aduk hingga mengental. Gunakan campuran adunan tadi sebagai pelekat. Lekatkan setiap bagian pecahan pasu. Setelah itu jemur hingga adonan pelekat kering. Pasu pun kembali elok.

6. Sisa Minyak
Agar kesan minyak di periuk dibersihkan, tuangkan cuka ke dalam 2 liter air. Celupkan periuk berminyak ke dalamnya. Kesan minyak akan luntur dan setelah itu bilas periuk dengan air bersih.

7. Kerak Botol
Kerak pada botol bisa dibereskan dengan cuka. Masukkan air sabun ke dalam botol. Tambahkan satu sendok makan abu gosok dan satu sendok makan cuka. Biarkan selama 10 menit. Kemudian kocok-kocok dan gosok bagian dalam botol. Kerak dalam botol pun hilang.

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails

Terimakasih. Sila kembali lagi...